Senin, 27 Mei 2013

MEMBELI PERLENGKAPAN BAYI

Menjelang kelahiran sang buah hati tentunya banyak hal yang harus kita persiapkan. Beberapa diantaranya bahkan harus disiapkan jauh-jauh hari, agar ketika hari H kita tidak sibuk lagi membeli perlengkapan bayi, tapi sudah mulai sibuk mengurus bayi kita.
Sebagai pasangan suami istri yang baru akan mempunyai anak pertama, tentunya kami masih minim pengalaman dan pengetahuan. Kami pun agak kebingungan, perlengkapan bayi apa yang harus kami beli, untunglah banyak buku , serta situs yang memberikan informasi kepada kami. Di beberapa babyshop bahkan telah membuat paket-paket yang berisi kebutuhan dasar bayi baru lahir.
Banyak diantara kita  kadang mempunyai keinginan untuk membeli beberapa perlengkapan dalam jumlah banyak, karena bentuk nya lucu, unik dan menggemaskan. Salah satu contohnya adalah baju, ataupun celana bayi. Kadang kita terlalu menuruti keinginan kita untuk membeli, padahal bisa jadi baju itu akan mubazir karena tidak dipakai. Hal ini sangat memungkinkan untuk terjadi disebabkan pertumbuhan bayi yang begitu cepat sementara stock pakain kita banyak, tahu tahu baju yang kita beli sudah tidak muat untuk bayi kita.
Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli perlengkapan bayi adalah anggaran dan kebutuhan. Jangan sampai kita menuruti keinginan padahal anggaran kita terbatas atau barang yang dibeli melebihi kebutuhan. Mungkin akan tidak menjadi masalah kalau kita punya anggaran lebih, akan tetapi ketika kita hanya mempunyai anggaran yang terbatas, kita harus berusaha mengeremnya, dikarenakan kebutuhan kita pasca persalinan masih banyak. Kita masih harus membayar biaya rumah sakit, menyiapkan aqiqah, membeli obat, dan membayar biaya-biaya lainnya.
Saya dan istri pun jauh-jauh hari sudah mempersiapkan hal ini, kami mulai cari-cari kebutuhan bayi di babyshop. Mencoba memilih dan membandingkan harga dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta anggaran yang ada. Beberapa perlengkapan pokok sudah masuk dalam daftar, sedangkan beberapa yang lain nya seperti kereta dorong, lemari bayi, masih bisa untuk di tunda.
Beberapa perlengkapan bayi yang harus kami sediakan antara lain : 
  • Pakaian Bayi, siapkan saja sejumlah 12 buah (1 dozen).  Kita pilih bahan yang menyerap keringat seperti katun/kaos. Saya dan istri memilih baju yang berkancing depan agar memudahkan untuk membuka dan melepas bajunya. Yang kami perhatikan adalah kenyamanan, jangan sampai kita memilih baju dengan model yang bagus, sesuai keinginan kita, akan tetapi tidak nyaman untuk si bayi. 
  •  Popok. Dikarenakan bayi yang baru lahir sering BAB/BAK maka kita sediakan paling tidak 2 dozen atau untuk amannya bisa dilebihkan. Popok biasanya dipakai ketika tali pusarnya belum lepas, sehingga pemakaian popok tidak terlalu lama.
  • Celana, siapkan saja minimal  3 dozen , tapi jika kita sudah memutuskan untuk memakai diaper, maka kebutuhan celana bisa semakin sedikit. 
  • Gurita. Cukup sediakan 6 buah saja. Fungsinya adalah untuk menopang perut bayi dan melindungi tali pusar yang belum lepas. 
  • Bedong. Digunakan untuk membungkus tubuh bayi sehingga ia merasa hangat.
  • Sarung tangan dan sarung kaki untuk melindungi tubuh dari cakaran tangannya serta membuat bayi tetap merasa hangat. 
  • Baju lengan panjang dan celana panjang, bisa juga jumper. Sesuaikan saja dengan musim, jika musim panas kita beli sedikit dulu, jika musim dingin/hujan kita beli paling tidak 4 pasang.
  •  Baju untuk pergi periksa ke dokter atau bidan. 
  • Topi/penutup kepala, di gunakan untuk mempertahankan suhu tubuhnya agar hangat.
  •  Bantal dan guling.
  • Perlak kain, sebagai alas tidur, diletakkan diatas perlak karet/plastik agar kulit bayi tidak terasa panas karena bersingungan dengan perlak plastik. Dan akhirnya kami terkadang menggunakan kain bedong sebagai alas tidur.  
  •  Perlak plastik/karet. Digunakan untuk menahan air seni / waktu BAB agar tidak mengotori kasur. 
  •   Selimut, biasanya digunakan ketika berpergian/keluar rumah. 
  • Selendang untuk menggendong, dan istri saya lebih nyaman menggunakan memakai kain selendang,  walaupun  kami juga memiliki gendongan.  
  • Waslap, digunakan untuk membersihkan bayi ketika mandi.  
  • Peralatan mandi seperti ember, handuk, sabun,sampo dll. 
  • Peralatan kebersihan seperti diaper(biasanya dipakai malam hari),cotton buds, pemotong kuku,bola-bola kapas digunakan untuk membersihkan kotoran di alat kelamin dan dubur bayi ketika BAK/BAB.  
  • Tas perlengkapan bayi. Kita harus menyiapkan tas khusus yang hanya berisi perlengkapan bayi kita.


Itulah beberapa daftar perlengkapan yang kami siapkan, dan jumlah pembeliannya tidak harus sesuai yang saya rencanakan awal, karena ternyata banyak yang memberikan kado berupa perlengkapan bayi. Dan alhamdulillah kami tidak harus membeli semua yang telah kami buat daftarnya.

Semua orang tua tentunya berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya, akan tetapi kemampuan masing-masing individu bisa jadi berbeda. Ada yang mungkin gengsi kalau baju anaknya tidak bermerk terkenal, harus mahal. Tetapi bagi saya dan istri yang terpenting adalah kenyamanan bayi dan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. (top)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Asyiknya Menjadi Ayah

SPIRIT OF LIFE

SETETES EMBUN KEHIDUPAN

Catatanku

SEKILAS INFO